Hercules Jatuh, Kesiapan Alutsista Disorot – Kabar Politik Terbaru Hari Ini

Hercules Jatuh, Kesiapan Alutsista Disorot


KabarPolitik.net – Anggota Komisi I DPR, Evita Nursanty merespons peristiwa kecelakaan pesawat Hercules C-130, A-1334 dengan rute Timika ke Wamena, Papua yang diduga menabrak gunung.

“Pertama saya ingin sampaikan belasungkawa kepada korban dan keluarganya. Semoga diberikan kekuatan dan ketabahan,” kata Evita melalui pesan singkat kepada KabarPolitik.net, Minggu 18 Desember 2016.

Ia juga meminta semua pihak bersabar dan tidak menduga-duga penyebab kecelakaan hingga selesainya investigasi resmi yang dilakukan TNI AU. Namun, Evita dari Fraksi PDIP itu menilai ada faktor kondisi cuaca di wilayah Jayawijaya yang memang topografinya cukup rawan.

“Apalagi tujuan pesawat itu di sana memang untuk latihan navigasi,” kata Evita.

Ia melanjutkan, mengingat ada beberapa peristiwa kecelakaan pesawat terakhir ini termasuk yang dialami pesawat skytruck milik Polri di perairan Kepri dan Helikopter Bell 412 milik TNI AD di Kalimantan, maka perlu pengutamaan keselamatan dengan meningkatkan kesiapan baik teknis pesawat dan alat utama sistem senjata (alutsista) lainnya serta upaya mencegah human error atau ‘kesalahan manusia’.

“Kita tahu setiap pesawat memiliki karakteristik tersendiri dan harus betul-betul diperhatikan sehingga ke depan kita persempit peluang kecelakaan, meski sadar soal cuaca dan nonteknis lain di luar kendali manusia,” kata Evita.



Dipersembahkan oleh : KabarPolitik.net

Share berita ini ke teman-teman Anda…

Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==