Mencuat Sejumlah Figur yang Akan “Melawan” Delis di Pilkada Morut 2024

oleh -149 views
Foto: Illustrasi

MORUT – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 semakin terasa pergerakannya, termasuk Pilkada di Kabupaten Morowali Utara (Morut).

Sejumlah nama figur-figur yang ingin ‘bertarung’mulai mencuat ke permukaan, ada yang terang-terangan menunjukkan berhasrat ingin maju, namun juga ada yang masih terlihat malu-malu tapi mau.

Data yang dihimpun redaksi sejumlah nama yang berencana akan maju dalam Pilkada Morut 2024 di antaranya, dr Delis Jukarson Hehi sebagai petahana sangat dipastikan 1000 persen akan kembali berhasrat besar akan maju lagi sebagai calon Bupati Morut dua periode.

Selain itu, ada sosok perempuan Warda Dg Mamala, SE seorang politisi Golkar yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Morut. Warda Dg Mamala juga dipastikan akan maju dalam kontestasi Pilkada Morut 2024.
Bahkan Warda Dg Mamala disebut-sebut sudah mengantongi rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk maju sebagai calon Bupati Morut 2024.

Nama lain yang muncul adalah Jeffisa Putra Amrullah, politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Jeffisa juga disebut-sebut telah mempersiapkan diri untuk menjadi calon Bupati Morut pada Pilkada 2024, bahkan mundurnya Jeffisa dari DPRD Morut sebelum masa jabatannya berakhir karena sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk maju pada Pilkada 2024.

Bagaimana dengan calon wakil bupati Morut ? Selain nama-nama calon Bupati Morut, sejumlah nama-nama calon wakil Bupati Morut mulai bermunculan sebut saja Mardiman Sane. Politisi dari Partai Demokrat ini juga telah memunculkan wacana akan menjadi wakil Bupati Morut. Langkah Mardiman yang tercatat sebagai calon legislatif DPR RI Dapil Sulteng ini tentu mengejutkan publik. Mardiman yang sangat masif membranding diri sebagai Caleg DPR RI di media-media sosial tiba-tiba memunculkan wacana berkeinginan maju Pilkada Morut 2024 sebagai wakil bupati Morut yang mendampingi Warda Dg Mamala.
Langkah tersebut bisa jadi merupakan pertimbangan Mardiman menyiapkan diri jika nanti pada Pileg DPR RI tidak berhasil memenuhi kuota suara yang dipersyaratkan ada “pelampung” lain yang sudah disiapkan yaitu, calon wakil Bupati Morut 2024.

Bagaimana dengan figur lainnya seperti, politisi Partai Demokrat Holiliana Tumimomor ? Holiliana yang juga istri dari mendiang Bupati Aptripel Tumimomor pada Pilkada Morut 2020 merupakan rival dari Delis tidak terlihat tanda-tanda akan maju pada Pilkada Morut.

Holiliana dikabarkan saat ini focus pada persiapan menjadi Caleg DPRD Morut dan belum berniat maju pada Pilkada Morut 2024. Apalagi rekan sesama partainya Mardiman Sane juga berhasrat akan maju pada Pilkada Morut 2024.

Bagaimana dengan sosok figur wanita, Megawati Ambo Asa, apa langkah politik selanjutnya ? mantan Ketua DPRD Morut yang kini telah berpindah partai dari Partai Golkar kini menjadi politisi dari Partai Hanura juga sempat menyatakan berkeinginan maju pada Pilkada Morut bisa calon bupati bisa wakil bupati dan ukurannya adalah hasil Pileg karena Megawati juga maju kembali pada Pileg 2024.
Namun, rencana Megawati Ambo Asa berkeinginan maju bupati atau wakil bupati Morut 2024 jika akan menggunakan partai Hanura harus mengubur rencananya karena Petahana Delis Jukarson Hehi adalah kader Hanura yang dipastikan juga akan maju pada Pilkada Morut 2024 mendatang. Kecuali Megawati Ambo Asa memilih atau disunting partai lain, bisa saja terjadi.

Kemudian bagaimana dengan H.Djira wakil bupati Morut bersama Bupati Delis Jukarson Hehi ? sosok H.Djira belum terlihat pergerakannya dan kabar mau kemana langkah politiknya belum mencuat ke permukaan publik, apakah akan tetap berpasangan dengan Delis Jukarson Hehi untuk periode kedua atau akan memilih atau disunting partai lain.

Selain figur-figur di atas siapa lagi figur yang sekiranya berpotensi maju pada Pilkada Morut 2024 yang siap “melawan” Petahana Delis Jukarson Hehi ? Kita tunggu saja kejutannya di Pilkada Morut 2024 mendatang. **